HIMPUNAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTA TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN IMAM BONJOL PADANG MENGUSUNG ACARA PELATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA DASAR

Himpunan Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan khususnya dari bidang PSDA (Pengembangan Sumber Daya Manusia) mengangkat acara PKDM (Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Dasar) yang melibatkan seluruh mahasiwa Manajemen Pendidikan Islam. PKDM merupakan proses pengkaderan yang strategis untuk membangun kader yang tanggap dan mampu membuat perubahan ke arah yang lebih baik untuk diri sendiri, organisasi, institusi dan juga lingkungan sosial.
Acara tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 02 oktober 2022 yang dimulai dari pukul 07:00 sampai pukul 18:00 WIB di Aula Mansur UIN Imam Bonjol Padang. Dalam acara tersebut bergabung sebanyak 147 orang peserta dan 30 orang panitia. Kegiatan tersebut dibuka oleh WD III Fakultas Tarbiyah yang diwakili oleh PJS DEMA FTK UIN Imam Bonjol Padang.
Tema kegiatan  PKDM tersebut adalah “Membentuk Karakter Mahasiswa yang Berintegrasi, Solidaritas, serta Responsif Guna Mewujudkan Generasi Muda yang Berkualitas”. PKDM bertujuan untuk: (1) mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi; (2) mampu mengetahui serta memahami bagaimana menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan yang baik, mampu berkarya, optimis, profesional dan berintegrasi guna mewujudkan generasi muda yang berkualitas; (3) mengetahui dan memahami kondisi problematika mahasiswa yang berhubungan dengan kaderisasi pemimpin yang profesional.
Pemateri dalam kegiatan tersebut berjumlah 4 orang yaitu: Bapak Ilham Lailatul Qadri S.Pd merupakan pemateri pertama yang menjabat sebagai penasehat IMABAY Pesisir Selatan. Dalam acara tersebut beliau menyampaikan bagaimana proses manajemen diri dan berbagi tips-tips bagaimana cara membangun konsep diri. Pemateri kedua adalah Bapak Juliadi Indra, S.pd yang mengangkat tema “Manajemen Aksi dan Konflik”. Pemateri ketiga adalah wakil Bendahara DPD KNPI dan Gubernur FORSIMA PAI Sumbar yaitu Bapak Yogi Liswanto, S.Pd yang menyampaikan materi tentang “Organisasi dan Kepemimpinan dalam Organisasi”.
Pemateri ke empat yaitu Bapak Marta Suhendra, M. Pd yang menjabat sebagai tenaga ahli anggota DPR RI Kepala Bidang Pemuda dan Pendidikan FKPT Sumbar. Bapak Marta Suhendra menyampaikan materi tentang teknik sidang di dalam organisasi. Di sini peserta PKDM yang hadir dilatih bagaimana presidium sidang yang baik. Berapa kali pukul palu, bagaimana adab-adab selama sidang. Acara selesai tepat pada pukul 18.00 WIB dan peserta acara PKDM membubarkan diri dengan teratur.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *