Workshop Peningkatan Pelayanan Akademik dan Kemahasiswaan “Wujudkan Pelayanan terbaik, Raih Prestasi dan Reputasi”

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang mengadakan workshop Peningkatan Pelayanan Akademik dan Kemahasiswaan dengan tema “Wujudkan Pelayanan Terbaik, Raih Prestasi dan Reputasi” yang bertempat di Asrama Haji Batam pada tanggal 25 sampai dengan 28 November 2022. Acara pertama setibanya di Batam adalah acara pembukaan oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Martin Kustati, M. Pd.

Dalam sambutannya Rektor menghimbau agar acara workshop menjadi momentum untuk perubahan pelayanan akademik kemahasiswaan kedepannya agar lebih baik lagi. Sebelum acara pembukaan dari Rektor UIN Imam Bonjol Padang, ada sambutan terlebih dahulu dari Dekan FTK UIN Imam Bonjol Padang Bapak Dr. Yasmadi, M. Ag. Dalam sambutannya Dekan berharap agar kegiatan workshop peningkatan pelayanan akademik dan kemahasiswaan ini berjalan lancar dan membawa hasil yang maksimal dengan meningkatnya pelayanan akademik dan kemahasiswaan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol khususnya dan lingkup UIN Imam Bonjol Padang Umumnya.

Acara pada hari kedua yaitu penyampaian materi oleh Bapak Henmaidi, ST, M. Eng.Sc, PhD yang berjudul “Move On: Paradigma Baru dalam Peningkatan Kualitas Layanan”. Materi yang sangat menarik dengan penyampaian yang ringan dan menyenangkan. Dalam materinya Bapak Henmaidi menyampaikan bahwa hidup itu bertumbuh dan berubah. Oleh sebab itu setiap orang harus punya visi dalam hidupnya, kemudian dilanjutkan dengan action. Visi tanpa tindakan adalah tujuan yang tidak akan pernah terwujud. Segala tindakan yang dilakukan untuk mencapai visi hendaknya merupakan passion atau dalam artian pekerjaan yang digeluti hendaklah sesuatu yang menjadi kesenangan kita agar kita menjalaninya dengan penuh cinta. Dalam semua tindakan tersebut yang terpenting adalah kolaborasi yaitu bagaimana kita bisa menemukan partner yang tepat dan saling bekerjasama untuk tujuan yang saling menguntungkan.

Pada siang harinya dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Dr. H. Hardi Selamat Hood, M. Si yang menjelaskan tentang arti dari pelayanan, bagaimana memberikan pelayanan, berkomunikasi dengan baik, budaya pelayanan dan pelayanan prima. Pemateri terakhir adalah Bapak Pedro Johansis, S. Pd. I, M. M yang memaparkan tentang ciri-ciri orang sukses dan ada delapan karakter sukses yaitu: memiliki niat yang mulia dan target besar, membiasakan sikap dan kata positif, memiliki lingkungan/teman yang positif, memiliki mentor, memiliki team yang dahsyat, pembelajar, berani memulai dan tidak mudah menyerah, dekat dengan Allah. Kalau kita sudah memiliki ciri-ciri tersebut maka kita adalah orang sukses yang mampu memuliakan orang lain dengan pelayanan terbaik yang bisa kita berikan dalam membantu orang lain dan memudahkan urusan orang lain.

Acara workshop di Batam diikuti oleh tenaga kependidikan dan tenaga pendidik yaitu beberapa dosen yang terdiri dari ketua dan sekretaris jurusan dan juga dosen-dosen muda yang diberi kesempatan bergabung dalam acara tersebut. Dari Prodi MPI dihadiri oleh ketua Prodi Dr. Hasnawati, S. Ag, M. Pd dan sekretaris Prodi MPI Dr. Fauzana Annova, M. Pd, juga bergabung dosen muda MPI yaitu Dr. Bashori, M. Pd dan Eci Sriwahyuni, M. Pd.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *